Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta
admin, 02 Juli 2020 Berbagai Ilmu di Perpustakaan TI Diskominfosan
berita

Bidang Tekhnologi Informasi (TI) Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta memiliki cara unik untuk berbagi ilmu, terutama pengetahuan tentang Programer dan Jaringan. Mereka memiliki perpustakaan mini yang berada di lantai dua Kantor Diskominfo Kota Yogya. Perpustakaan ini didesain menarik sehingga para pembaca akan betah untuk berlama-lama di perpustakaan.

Sebelumnya, perpustakaan tersebut berasal dari inisiatif para anggota bidang  Tekhnologi Informasi (TI) untuk menempatkan arsip buku mereka dalam satu rak buku, sehingga dapat di baca oleh siapapun yang ingin berkunjung.

Kepala Bidang Tekhnologi dan Informatika Diskominfosan, Suciati Sah mengungkapkan, perpustakaan ini berawal dari ketidak sengajaan. Buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut dimanfaatkan untuk menambah ilmu, khususnya buku mengenai Programmer dan Jaringan.

“ Karena kebutuhan teman-teman teknis programmer dan jaringan, dalam mengembangkan diri mereka, butuh adanya referensi baru. Dimana buku-buku ini yang bisa mendukung pengetahuan mereka, jadi setiap tahun memang ada anggaran untuk membeli bermacam-macam buku yang dapat menunjang dan menambah pengetahuan di bidang Tekhnologi dan Informatika,” jelasnya.

Tambahnya, perpustakaan ini baru beroperasi pada tahun ini. Buku yang ada di perpustakaan ini sudah dikumpulkan sejak tahun 2009 – 2019 oleh semua bidang TI.

“ Sebenarnya ini hanya untuk buku panduan kita saja, tetapi karena setiap tahun kita beli, maka buku-buku yang ada semakin menumpuk. Kalau kita simpan diruang tertutup orang lain tidak bisa memanfaatkan, akhirnya kita buatkan tempat seperti ini agar orang-orang yang diluar TI bisa membaca untuk referensi mereka belajar,” ungkapnya.

Menurutnya jika perpustakaan yang nyaman maka perpustakaan bisa menjadi tempat berbagi ilmu mengenai Tekhnologi dan Informasi bagi siapapun yang mengunjungi Diskominfosan,  sehingga informasi Tekhnologi tidak ketinggalan jaman.

“ Kita buatkan tempat yang nyaman, kita desain agar bisa membaca buku mungkin sambil  makan siang atau mungkin saat ada tamu yang berkunjung ke Diskominfo ingin membaca buku. Perpustakaan ini banyak sekali buku tentang Software, Hardware, Programer ataupun Jaringan,” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya perpustakaan ini, siapapun yang ingin menambah ilmu mengenai TI dapat berkunjung ke Diskominfo. “ Harapannya perpustakaan ini bermanfaat untuk yang lain, untuk temen-temen TI yang ada diluar Kominfo bisa ikut membaca diperpustakaan ini, silahkan saja  yang ada di OPD maupun di Kecamatan dan Kelurahan,” jelasnya.

Staf Perangkat Keras dan Jaringan TI, Subarono merupakan salah satu pembaca di perpustakaan tersebut, ia mengatakan, pihaknya senang dengan adanya perpustakaan ini,  membaca semakin nyaman, sambil makan siang bersama teman-teman lainnya.

“ Lega sekarang, karena bisa menempatkan buku-buku yang dulunya hanya disimpan di almari sekarang sudah ada tempatnya yang lebih representatif dan bisa membaca sambil minum kopi,” ungkapnya. (Hes)



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat3.31%
Cukup Bermanfaat33.99%
Bermanfaat0.74%
Kurang Bermanfaat1.66%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 51 Kemarin 178 Bulan Ini 1286 Tahun Ini 27470 Total Pengunjung 135092
Agenda Rapat Hari Ini

Link Terkait