Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta
admin, 03 Juli 2020 Monsis Mudahkan Ortu Pantau Perkembangan Anak Sekolah
berita

 

Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta telah mensosialisasikan aplikasi Monitoring Siswa (Monsis) yang dapat diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Sosialisasi ini sudah dilaksanakan di seluruh SMP yang ada di Kota Yogyakarta. Dengan adanya Monsis diharapkan masyarakat ikut berperan dalam perkembangan pendidikan terutama secara langsung memantau perkembangan anak mereka dirumah ataupun disekolah.

Menurut Kepala Seksi Pengembangan Smart City, Joko Marwiyanto, aplikasi ini dapat di monitor oleh semua orang tua siswa dengan menggunakan aplikasi JSS.

“ Kami juga mengkonsentrasikan pengembangan JSS di bidang Pendidikan yang bisa digunakan oleh masyarakat Kota Yogyakarta secara gratis untuk mendukung pembelajaran dimasa pandemi ini yang notabennya aplikasi ini bisa digunakan untuk jangka panjang,” ungkapnya.

Sejak Launching JSS pada 7 Juni 2018, pengguna JSS telah mencapai 51.882 per tanggal 7 Juni 2020 dan akan terus bertambah. Aplikasi ini dapat mengakses layanan Pemerintah Kota Yogyakarta yang diharapkan menjadi kebutuhan masyarakat dalam mampu menangani aduan masalah di masyarakat.

Melalui aplikasi monisis tersebut, nantinya orang tua dapat melihat secara langsung tentang perkembangan anaknya, baik dalam kedisiplinan hingga perkembangan akademik di sekolahnya.

“ Agustus diharapkan sudah bisa Launching, karena ada beberapa yang musti disempurnakan. Aplikasi uji coba dalam waktu satu tahun, kalau memang sudah stabil dan layak untuk di implementasikan jangka panjang, akan diintregrasikan melalui JSS,” jelasnya.

Aplikasi monsis ini merupakan inovasi yang akan memperkuat peran masyarakat dalam pendidikan dengan secara langsung memantau perkembangan anak mereka di sekolah. “Diharapkan dengan demikian, para orang tua bisa melakukan upaya untuk terus mendukung peningkatan kualitas pendidikan anaknya berdasarkan hasil monitoring siswa tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, didalam aplikasi Jogja Smart Service juga terdapat aplikasi Konsultasi Belajar Siswa dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Diharapkan dengan adanya aplikasi-aplikasi ini dapat membantu dan memberikan pelayanan baik terutama dibidang Pendidikan. (Hes)



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat3.31%
Cukup Bermanfaat33.99%
Bermanfaat0.74%
Kurang Bermanfaat1.66%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 36 Kemarin 178 Bulan Ini 1271 Tahun Ini 27455 Total Pengunjung 135077
Agenda Rapat Hari Ini

Link Terkait