Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta
admin, 27 November 2018 Pemkot Terus Sosialisaikan Penggunaan Internet Sehat
berita

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Kominfosandi) terus melakukan sosialisasi pemanfaatan internet secara sehat dan positif, setelah sebelumnya sosialisasi ditujukan kepada guru dari berbagai SD dan SMP di Kota Yogyakarta, kali ini sosialisasi menyasar anggota komite sekolah, orangtua siswa, dan pengusaha warnet/game center yang ada di Kota Yogyakarta. Plt. Kepala Dinas Kominfosandi Kota Yogyakarta, Ig. Trihastono berharap kegiatan ini dapat menjadi pegangan bagi orangtua siswa dalam mendampingi anak mereka dalam berselancar di dunia maya.

“Saat ini telah terjadi pergeseran relasi dari komunal ke individual, anak-anak merasa semua permasalahan bisa dipecahkan dengan smartphone. Mereka merasa lebih nyaman curhat di media sosial daripada dengan teman atau orang tuanya. Ini adalah tantangan bagi kita” Tuturnya saat membuka acara Sosialisasi, Selasa (27/11) pagi di Ruang Bima Balai Kota.

Lebih lanjut Trihastono menuturkan, hal tersebut tidak dapat ditangani hanya dengan melarang anak memegang gawai atau menggunakan internet, namun orangtua maupun pendidik harus dapat mengoptimalkan berbagai potensi positif yang ada dalam jagad maya.

“Kita harus membangun langkah-langkah arif, baik sebagai orangtua, institusi pendidikan, maupun pemerintah dengan mengoptimalkan potensi-potensi internet dalam konteks positif. Sebagai contoh, tahin ini Pemkot bersama dengan Forum Komite SMP se-Kota Yogyakarta menyelenggarakan event lomba foto dan dokumentasi video melalui smartphone untuk selanjutnya diunggah melalui media sosial” Ungkap Trihastono.

Sosialisasi sendiri menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai bidang, yakni Dedi Budiono selaku Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang memperkenalkan inovasi Konsultasi Belajar Siswa Online, konselor parenting Bunda Wening yang membawakan materi mengenai mendampingi anak di era digital. Sementara dari praktisi TI menampilkan Wing Wahyu Winarno dan Eka Indarto.

Kepala Bidang Persandian Dinas Kominfo, Tri Haryanto mengatakan, acara ini diselenggarakan dengan maksud untuk melakukan pemberdayaan masyarkat tentang teknologi informasi dan telekomunikasi, pembinaan operasional warnet dan game online pada kalangan pelajar serta memperkenalkan konten positif yang ada di internet.

“Tujuannya adalah sebagai sosialiasi penggunaan internet aman dan bijak dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat” Tandas Tri Haryanto.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat3.03%
Cukup Bermanfaat34.41%
Bermanfaat0.44%
Kurang Bermanfaat1.33%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 303 Kemarin 76 Bulan Ini 42434 Tahun Ini 51865 Total Pengunjung 66402
Agenda Rapat Hari Ini

Link Terkait