Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta
admin, 15 Januari 2019 Layani Masyarakat di Bidang Informasi, Pemkot Gandeng Tribun Jogja
berita

Pemerintah Kota Yogyakarta membangun sinergi dengan Harian Tribun Jogja untuk melayani masyarakat di bidang informasik termasuk dalam memandu wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menuturkan, informasi di masyarakat dari media mainstream seperti Tribun Jogja sudah selayaknya proposional dan berimbang, selain itu, media mainstream juga bisa menjadi salah satu referensi valid terhadap segala informasi yang ada di wilayah Kota Yogyakarta.

“Fungsi media harusnya bisa menjadi guiding untuk masyarakat secara luas, bukan hanya warga lokal, namun juga para wisatawan yang hendak datang ke Yogyakarta” Tutur Heroe saat berdiskusi dengan jajaran redaktur Tribun Jogja, Senin (14/1) bertempat di Kantor Kelurahan Patehan.

Lebih lanjut Heroe menuturkan, saat ini akses mendapat informasi sudah semakin mudah dengan adanya kemajian teknologi dengan adanya kemajuan teknologi melalui smartphone, hal tersebut harus dapat dimanfaatkan untuk mempermudah wisatawan dalam mengakses informasi terkait Kota Yogyakarta

“Saya ingin saat orang masuk Jogja bisa terlayani, seperti tempat wisata, area parkir, akses jalan, tempat makan. Ketika internet mudah diakses maka smartphone bisa jadi pemandu paling efektif. Pemkot dan Tribun harus bersinergi untuk memberikan info apa saja yang dibutuhkan wisatawan” Ungkap Heroe yang dalam kesempatan itu didampingi Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Trihastono, Camat Kraton, Widodo, dan Lurah Patehan, Ngaji Emi.

Selain itu Heroe juga mengatakan, kehadiran Bandara NYIA di Kulon Progo akan menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta, untuk itu Heroe meminta agar masyarakat Jogja dapat mengubah mindset supaya bisa berperan aktif dan mendapat manfaat dari kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Tribun Yogyakarta Ribut Raharjo menyampaikan Tribun Jogja akan terus berkomitmen untuk bersinergi dengan Pemkot untuk memajukan dunia pariwisata di wilayah Kota Yogyakarta.

Komitmen yang dimaksud adalah melaksanakan berbagai upaya dengan melakukan guiding soal informasi destinasi wisatawan beserta fasilitas publik yang di perlukan dalam berwisata ke Yogyakarta.

“Komitmen kita adalah membuat wisatawan yang datang ke Yogyakarta ini mendapatkan gulding dari informasi yang kita sampaikan melalui berbagai platform” ungkapnya.

Dalam menjalin kerjasama, kini Tribun tidak hanya muncul dalam bentuk media koran cetak. Namun, ada perwajahan baru yang dikeluarkan Tribun seperti live streaming di kampung-kampung wisata dan juga memanfaatkan youtube sebagai media penyampai informasi.

“Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Tribun saat ini bukan hanya sekedar dalam bentuk koran cetak, untuk menginduksi dalam bentuk digital. Yaitu live streaming di kampung-kampung wisata. Kemudian yang kedua karena kami punya beberapa program di youtube itu ada wisata gokil, ada kuliner, dan sebagainya, membikin fasilitas youtube untuk koran-koran Kota Jogja.” Jelas Ribut. (Hes/Rin)



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat14.51%
Cukup Bermanfaat4.31%
Bermanfaat1.96%
Kurang Bermanfaat7.45%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 3 Kemarin 118 Bulan Ini 2432 Tahun Ini 5376 Total Pengunjung 19913

Link Terkait