Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta
admin, 11 Maret 2019 Menuju Kota Cerdas, Pemkot Jogja Sediakan Wifi Publik Gratis
berita

Warga Kota Yogyakarta kini dapat berselancar di dunia maya secara gratis dengan memanfaatkan layanan wireless fidelity (wifi) yang disediakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Plt. Kepala Dinas Kominfosandi Kota Yogyakarta, Ig. Trihastono menuturkan, layanan tersebut dimaksudkan untuk memberikan hak publik dalam mengakses informasi sekaligus mengoptimalkan potensi ekonomi yang  ada.

“Kami mengharapkan layanan wifi gratis dapat dioptimalkan, bukan sekedar untuk mencari informasi melalui media sosial, tapi juga harus dapat memberikan dorongan kepada masyarakat untuk memanfaatkan internet dalam aktivitas ekonomi. Selain itu, pelajar dan mahasiswa juga bisa memperkaya materi yang di dapat di kelas dengan informasi dan referensi yang didapat dari internet” Tutur Trihastono.

Lebih lanjut Trihastono mengatakan, adanya layanan wifi gratis diharap dapat mendukung digitalisasi layanan yang sedang dilakukan Pemkot saat ini.

“Ke depan Pemkot akan memanfaatkan model-model pelayanan publik digital untuk memberikan kemudahan aspek waktu dan biaya bagi masyarakat. Adanya internet gratis di ruang publik menjadikan masyarakat bisa mengakses layanan publik Pemkot tanpa terkendala keterbatasan paket data” Terang Trihastono

Dijelaskan oleh  Kepala Seksi Perangkat Keras dan Infrastruktur dan Telematika Dinas Kominfosandi, Gregorius Gede Wiranarada, warga dapat mengakses internet secara gratis menggunakan Service Set Identifier (SSID) Free Hotspot Pemkot Yogyakarta yang saat ini sudah tersedia di lebih dari 100 titik di Kota Yogyakarta.

“Free Hotspot Pemkot Yogyakarta dapat  diakses di seluruh kantor pemerintah, termasuk kantor kecamatan, kelurahan, Puskesmas, serta beberapa Ruang Terbuka Hijau Publik dan Balai Warga” Ungkap Gregorius.

Lebih lanjut, Gregorius menambahkan, untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut, warga cukup memanfaatkan akun Jogja Smart Service (JSS) atau mendaftar menggunakan nomor handphone.

“Warga bisa menggunakan akun JSS untuk login ke layanan ini, sementara bagi yang belum memiliki akun JSS harus mendaftar dulu menggunakan nomor handphone untuk mendapatkan akun temporer yang berlaku selama satu minggu” Katanya

Pemkot sendiri akan terus menambahkan titik akses di Kota Yogyakarta, untuk tahun 2019, akan ditambahkan sebanyak 45 titik akses berbasis kampung.

“Saat ini sudah ada tujuh titik akses berbasis kampung, yakni di Gedongkiwo, Mantrijeron, Tegalmulyo, Giwangan, Baciro, Pandeyan, dan Golo, kami akan terus menambahkan titik akses berbasis kampung” Terang Gregorius.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat15.33%
Cukup Bermanfaat4.6%
Bermanfaat1.92%
Kurang Bermanfaat7.28%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 48 Kemarin 46 Bulan Ini 1909 Tahun Ini 8489 Total Pengunjung 23026
Agenda Rapat Hari Ini

Link Terkait