Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta
admin, 28 Maret 2019 DINAS KOMINFO KOTA YOGYAKARTA GELAR FORUM PPID UTAMA SE-DIY
berita

Kota Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Forum Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Pemerintah Daerah se-DIY yang diadakan pada Senin (25/3) di Wisata Tirta Wolulas, Ponggalan, Giwangan, Umbulharjo. Kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai wahana komunikasi dan berbagi pengalaman antar Kabupaten/Kota ini dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Ignatius Trihastono.

Dalam sambutannya, Trihastono menyampaikan bahwa Wisata Tirta Wolulas merupakan salah satu contoh model pembangunan dan pemberdayaan yang saat ini tengah digalakkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. “Kami mengusung program Gandeng-Gendong yang menitikberatkan pada sinergi berbagai elemen yang ada di kota, termasuk masyarakat sekitar, untuk mempercantik dan menata titik-titik potensial seperti pinggiran sungai serta mengembangkan dan meningkatkan tingkat kesejahteraan warga,” ungkapnya. Untuk itu, sosialisasi terkait dana kelurahan harus terlaksana dengan optimal agar masyarakat dapat lebih kreatif menemukan solusi bagi permasalahan di wilayah.

Senada dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten lain seperti Pemkab Kulon Progo dan Pemkab Sleman juga gencar menggelar sosialisasi terkait dana desa dan Keterbukaan Informasi Publik di desa. Pemkab Sleman saat ini sedang berupaya membentuk  rintisan PPID desa pada dua lokasi sementara Pemkab Kulon Progo telah berhasil menyusun Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2019 sebagai dasar keterbukaan informasi publik tentang dana desa. Penguatan dari sisi regulasi juga dilaksanakan oleh Pemkab Bantul yang sedang menyusun Peraturan Bupati terkait PPID.

Ketua Komisi Informasi Daerah (KID) DIY, Hazwan Iskandar Jaya yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan apreasiasi atas inisiatif Pemerintah Kabupaten/Kota dalam merespon isu Keterbukaan Informasi dana desa/kelurahan. KID DIY berharap Pemerintah Daerah di DIY dapat memperkuat jaringan kerja dan mau ngangsu kawruh kepada PPID yang telah berhasil melakukan terobosan di bidang pelayanan informasi publik. Dalam kesempatan ini, KID DIY juga memaparkan program kerjanya untuk tahun 2019 di antaranya Pilot Project Keterbukaan Informasi bagi Sekolah Menengah Atas serta peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional. (Hes/Spra)



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat3.03%
Cukup Bermanfaat34.37%
Bermanfaat0.44%
Kurang Bermanfaat1.33%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 31 Kemarin 73 Bulan Ini 41874 Tahun Ini 51305 Total Pengunjung 65842
Agenda Rapat Hari Ini

Link Terkait