Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta
admin, 13 September 2019 Kunjungan Studi Lapangan Peserta Diklat Sandiman BSSN di Pemkot Yogyakarta
berita

Pemerintah Kota Yogyakarta melelui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogya menerima kunjungan peserta Diklat dalam rangkaian Studi Lapangan Diklat Sandiman Angkatan ke 131, Sandiman Angkatan ke 132, dan Sandiman Dasar Angkatan ke 216 dari Pusdiklat Badan Siber dan Sandi Negara di Ruang Bima, Balaikota Yogyakarta, Jumat ( 13/09/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo, Trihastono mengatakan bahwa pada era ini, media sosial telah menggeser keberadaan media cetak, sehingga mengakibatkan perubahan  pola relasi yang ada di masyakat.

Menyadari hal tersebut, lanjutnya Pemkot Yogya berusaha menyesuaikan perubahan tersebut dengan mengembangkan layanan berbasis digital, yaitu Jogja Smart Service.

Tetapi, perkembangan era digital, tidak hanya menghadirkan dampak positif, melainkan dampak negatif. Sehingga Pemkot Yogya gencar melakukan sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat mengenai pemanfaatan gawai dan medsos secara sehat: ujarnya.

Sejalan dengan  hal tersebut, Badan Siber dan Sandi Negara memilih Kota Yogya sebagai salah satu tempat untuk melakukan studi lapangan ialah karena melihat Keberhasilan Pemkot Yogya dalam melakukan tata kelola informasi, serta keinginan untuk menumbuhkembangkan tradisi dan sejarah para sandiman mengingat Kota Yogya merupakan bagian dari sejarah persandian itu sendiri. 

Dalam sambutannya, Wida Sandrayanti selaku Pimpinan Rombongan Badan Siber dan Sandi Negara mengungkapkan bahwa kegiatan studi lapangan ini diwujudkan sebagai upaya menambah pengetahuan dan wawasaan mengenai implementasi tata kelola informasi dan pelayanan keamanan infromasi yang dilandasi etika profesi sandi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Kegiatan studi lapangan diisi dengan penyampaian 3 materi dan diskusi mengenai “Kontra Penginderaan“ oleh Dewi Ciptaningrum, Kepala Seksi Pengembangan Persandian dan Telekomunikasi Kota Yogyakarta, “ Tata Kelola Pengamanan Informasi “ oleh Sugiarto, Ahli Sandi Tingkat II, dan “ Peralatan Sandi dan Alat Pendukung Utama” oleh Ananto Setiawan, Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Telekomunikasi dan Telematika Dinas Kominfo.

Secara garis besar, pemaparan materi menjelaskan tentang upaya Bidang Persandian Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogayakrta dalam  memberikan layanan jaminan keamanan informasi dalam bentuk pengamanan cyber guna mendukung kelancaran tata pemerintahan dan  mewujudkan terciptanya electronic goverment. 

Sehingga Wida Sandrayanti berharap studi lapangan  kali ini mampu memberikan pengembangan bagi peserta didik diklat. (KK/Dik)



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat3.31%
Cukup Bermanfaat33.99%
Bermanfaat0.74%
Kurang Bermanfaat1.66%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 109 Kemarin 83 Bulan Ini 10399 Tahun Ini 85319 Total Pengunjung 99856
Agenda Rapat Hari Ini

Link Terkait